Sunday, February 24, 2013

[Review] Pembuka Atap Mobil Dengan Penonaktif Password Saklar

         24 - 02 - 2013
         08 : 15 PM




         Yah, sudah lama sekali sepertinya saya tidak menulis postingan baru di blog ini. Mungkin karena tidak begitu ada hal yang menarik belakangan ini untuk di bahas. Saya ingin bahas sedikit tentang postingan saya sebelumnya yang tentang tulisan seseorang bernama Arief Maulany yang berjudul "Seberapa Gilakah Ahmadiyyah". Sebenarnya saya ketika pertama menemukan tulisan itu saya sudah mengirim pesan ke beliau tentang bagaimana kelanjutan dari penyelidikan atau penulisannya itu. Tetapi beliau tidak mereplynya sampai saat ini. Entah apakah beliau tidak membaca pesan saya, atau karena hal yang lain yang membuat beliau tidak ingin mereply soal itu. Yang pasti semenjak saya mengirim pesan itu sampai sekarang, beliau masih aktif memposting di fanpagenya di Facebook tersebut, yang itu berarti beliau masih aktif menggunakan account Facebooknya. Tapi ya sudahlah kita berpikir saja yang baik-baik kepada beliau.
         Ok kali ini saya akan memposting tentang sebuah rangkaian Penulisan Ilmiah teman saya bernama Agas, yang saya pernah buat juga programnya. Ok langsung saja ya, rangkaiannya seperti ini :

----



         
----

         Alat ini berjudul, "Pembuka Atap Mobil Dengan Penonaktif Password Saklar". Alat ini memiliki input yang terdiri dari Switch sebagai inputan password dan saklar pemberhenti Motor, LDR sebagai sensor inputan pembaca cahaya, lalu sensor air sebagai sensor inputan pembaca air. Dan alat ini memiliki pemroses yang terdiri dari : IC Mikrokontroller AT89S51 sebagai pemroses input/outputnya, LM339 sebagai comparator, L293D sebagai Driver Motor. Dan yang terakhir alat ini memiliki output yang terdiri dari Perputaran Motor DC sebagai pembuka/penutup atap, dan nyala LED sebagai indikator password.
         Ok, jadi sekarang cara kerja alat. Kurang lebih seingat saya seperti ini cara kerjanya, mohon dikoreksi ya jika ada yang salah, karena saya sendiri juga sudah lupa seperti apa cara kerjanya. Saya tidak meminta kepada teman saya makalah lengkapnya maupun penjelasan cara kerjanya, saya hanya minta copyan gambar rangkaian dan programnya saja, sisanya saya hanya menganalisa cara kerja alatnya dari listing program yang pernah saya buat sendiri. Jadi yah mohon dikoreksi jika ada yang salah. Cara kerja alat ini adalah akan menutup atap (anggap Motor DC berputar CW) jika keadaan hujan (sensor air aktif). Lalu jika sensor air tidak aktif, ia akan membaca kondisi dari LDR. Jika LDR terkena cahaya (siang hari), maka atap akan terbuka. Tetapi jika LDR tidak begitu terkena cahaya (keadaan malam), maka atap akan tertutup. Lalu alat ini juga memiliki sebuah Switch manual yang berfungsi untuk membuka maupun menutup atap. Yaitu pada port P3.6 untuk membuka, p3.7 untuk menutup. Jadi alat ini dapat bekerja secara otomatis berdasarkan sensor maupun secara manual. Lalu pada alat ini juga terdapat password untuk menonaktifkan alat ini, dalam artian alat ini tidak akan berfungsi sensor maupun manualnya. Passwordnya yaitu ketika switch pada port p3.2 dan p3.4 di aktifkan. Jadi ketika dua switch itu ditekan, maka alat ini akan mati, dalam artian tidak berfungsi baik secara otomatis maupun secara manual. Yah, kurang lebih seperti itulah cara kerja alat ini berdasarkan analisa dan seingat saya. Baiklah pada akhir postingan ini saya akan membagikan listing programnya. Semoga bermanfaat :)

----

$mod51
org 00h
mov p0,#0feh
mov p1,#000h
mov p2,#000h
mov p3,#000h
start :
jnb p0.2,tutup
jb p0.0,buka
jnb p0.0,tutup
sjmp start

mati :
mov a,p3
cjne a,#014h,start
sjmp mati

tutup :
jb p0.0,tutup2
mov p1,#020h
jb p2.7,berhenti
mov a,p3
cjne a,#014h,tutup
mov p1,#000h
sjmp mati

buka :
mov p1,#010h
jb p2.6,berhenti2
mov a,p3
cjne a,#014h,buka
mov p1,#000h
sjmp mati

berhenti :
mov p1,#000h
jb p3.7,berhenti
jb p3.6,buka
jb p0.0,start
mov a,p3
cjne a,#014h,berhenti
mov p1,#000h
sjmp mati

berhenti2 :
mov p1,#000h
jb p3.6,berhenti2
jb p3.7,tutup
jnb p0.2,start
jnb p0.0,start
mov a,p3
cjne a,#014h,berhenti2
mov p1,#000h
sjmp mati

tutup2 :
mov p1,#020h
jb p2.7,berhenti3
mov a,p3
cjne a,#014h,tutup2
mov p1,#000h
sjmp mati

berhenti3 :
mov p1,#000h
jb p3.7,berhenti3
jb p0.2,start
mov a,p3
cjne a,#014h,berhenti3
mov p1,#000h
sjmp mati

end

----

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design